Senin, 04 September 2023

MATERI 5 Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik

MATERI 5 Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik

 September 04, 2023


Pemateri: Ir. Arief Abdurrakhman, S.T., M.T

Apa sebenarnya yang kami maksud dengan pemikiran kritis dan pemecahan masalah? Kami akan membahas setiap masalah satu per satu untuk pemahaman yang lebih baik.


 ~ Berpikir kritis adalah kemampuan berpikir rasional dan terlibat dalam berpikir kritis.


 ~ Pemecahan masalah, atau problem solver, adalah keterampilan yang sangat diperlukan bagi kaum Milenial. Kemampuan ini berguna saat menghadapi kondisi sulit agar Anda bisa fokus pada solusi, bukan masalah yang langsung terjadi. “Kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah tidak dimiliki semua orang. Harus ada cara untuk mengembangkan kapasitas tersebut.”


 • BPR/SDG merupakan komitmen nasional dan global untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan mencakup 17 tujuan, yaitu (1) Pengentasan kemiskinan; (2) Tidak lapar; (3) Kehidupan sehat dan sejahtera; (4) Mutu pendidikan; (5) kesetaraan gender; (6) Air bersih dan sanitasi yang memadai; (7) Energi bersih dan terjangkau; (8) Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi; (9) Industri, inovasi dan infrastruktur; (10) Mengurangi perbedaan harga; (11) Kota dan permukiman yang berkelanjutan; (12) Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab; (13) Manajemen perubahan iklim; (14) Ekosistem laut; (15) Ekosistem Kontinental; (16) Perdamaian, keadilan dan institusi yang kuat; (17) Bekerja sama untuk mencapai tujuan.


 • tahapan proses berpikir kritis meliputi memahami masalah, menganalisis masalah, mengidentifikasi informasi yang relevan dengan masalah, merencanakan solusi, menyimpulkan, dan mengevaluasi solusi yang telah diajukan, serta mencari alternatif lain untuk menyelesaikan masalah.


 • Artikel tentang berpikir kritis dan pemecahan masalah bagi generasi milenial ini juga berlaku bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan manajemennya. Tidak ada salahnya mempelajari kedua soft skill ini karena keduanya akan sangat membantu Anda menjalani kehidupan sehari-hari, apa pun industri tempat Anda bekerja.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda